Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman. (FOTO. ANTARA)

Jakarta, 10/5 (ANTARA) - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI akan menjadi penanggung jawab penyelenggaraan Sidang Bersama DPD dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada 16 Agustus 2011.

Ketua DPD Irman Gusman menyampaikan hal itu pada Sidang Paripurna DPD di Gedung Nusantara V Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Irman menjelaskan, pada masa sidang kali ini, yang berlangsung 10 Mei 2011 hingga 15 Agustus 2011, beberapa tugas dikerjakan DPD, termasuk menyelenggarakan Sidang Bersama DPR-DPD tersebut.

"Masa sidang yang terbatas ini, kita memiliki tugas menyiapkan sebaik-baiknya sidang bersama DPR-DPD dalam rangka pidato kenegaraan presiden menyambut hari ulang tahun Republik Indonesia. Untuk tanggal 16 Agustus 2011 nanti, penyelenggaraannya menjadi tanggung jawab DPD," katanya.

Irman didampingi Wakil Ketua DPD Gusti Kanjeng Ratu Hemas mengemukakan, untuk pertama kalinya DPR menjadi penanggung jawab Sidang Bersama DPR-DPD pada 16 Agustus 2010 menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-65 Republik Indonesia (RI),

Agenda sidang bersama adalah anggota DPR dan DPD itu mendengar Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia menyambut HUT ke-65 RI. Acara tersebut pelaksanaan Pasal 199 ayat (5) dan Pasal 268 ayat (5) Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2009 tentang Majelis Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Selain Sidang Bersama DPR-DPD yang akan datang, DPD menyiapkan Laporan Akuntabilitas Lembaga tahun 2010-2011. "Kami mengimbau seluruh anggota DPD agar efektif dan efisien memanfaatkan waktu guna menghasilkan kinerja yang optimal sesuai dengan target setiap alat kelengkapan DPD. Kepadatan tugas bisa dikelola dengan semangat dan tanggung jawab kepada masyarakat, bangsa dan negara," katanya. (S023/Z002/K004)