BERKARAKTER & BERPRESTASI

Selasa, 27 Juli 2010

Panggilan Khas Paskibra Jawa Barat ("Akang/Teteh")

Akang teteh, panggilan khas anggota paskibra di Jawa Barat Indonesia. Panggilan yang merupakan bentuk penanaman nilai kekeluargaan, sebagai wujud dari penghargaan seorang adik kepada kakaknya. Kenapa harus akang dan teteh?


Akang dan teteh merupakan panggilan khas penduduk Jawa Barat, akang berarti kakak cowok dan teteh berarti kakak cewek. Hal ini yang dicoba diangkat oleh paskibra terutama Paskibraka Jawa Barat. Alasan utamanya adalah bahwa budaya daerah merupakan tiang dari budaya nasional. Oleh sebab itu perlu adanya pelestarian budaya walaupun hanya sekedar kata panggilan.
Inilah mungkin yang harus dicermati karena hingga saat ini kita sering mengabaikan hal-hal yang mungkin kita anggap kecil, padahal hampir semua hal besar berawal dari hal kecil.
Kurang jelas apakan panggilan khas ini diterapkan pula diwilayah selain jawa barat, misalkan paskibra di Jawa Tengah dan Jawa Timur memanggil mas dan mbak, atau Paskibra Padang atau Sumatera Barat memanggil Uda dan Uni.

Semoga ini bisa menjadi contoh bagi yang lain karena brigadista rasa, sudah cukup banyak budaya kita yang dikangkangi negara lain, dan kita hanya bisa marah dan protes. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga budaya tanah air kita.

:-) :-)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

betul... betul sekali..
kalo di sekolah saya juga sma 1 serang pakai akang-teteh

Unknown mengatakan...

Kang,Teh 😁

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes