BERKARAKTER & BERPRESTASI

Senin, 16 Mei 2011

Anggota Paskibraka Model Ideal bagi Pemuda

Anggota Paskibraka Model Ideal bagi Pemuda PDF Print E-mail
Saturday, 24 July 2010 00:00

Jakarta, Pelita - Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bisa menjadi model ideal bagi pemuda dan diharapkan tidak hanya mampu menjalankan tugas dengan baik, tetapi juga harus mampu menjadi teladan. Tidak hanya berhasil saat 17 Agustus (upacara peringa-tahan Hari Kemerdekaan RI, Red), tetapi sepanjang hidupnya mampu menjadi teladan," kata Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora), Andi Alifian Mallarangeng, saat acara penyambutan 66 pelajar dari 33 provinsi yang akan menjalani pelatihan Paskibraka tingkat nasional di Jakarta, Jumat (23/7) sore.

Menurut Menpora, anggota Paskibraka boleh dibilang sebagai model ideal pemuda, baik dari segi wawasan kebangsaan, karakter, dan kedisiplinan, maupun intelektualitas. "Mereka ini contoh orang-orang muda. Alumni Paskibraka selama ini jadi orang semua (sukses, red), di profesi masing-masing," katanya.

Sementara itu penanggung jawab pelatihan nasional Paskibraka, Erlangga Masdiana. " menambahkan, untuk membentuk anggota Paskibraka yang berkualitas, selain latihan baris berbaris, mereka juga diberi pembekalan tambahan, misalnya pelatihan kepemimpinan, diplomasi, resolusi konflik dan lain-lain.

Menurutnya, di lokasi pelatihan dan asrama Paskibraka di Cibubur, pihaknya menerapkan pendekatan "desa bahagia", di mana nanti dipilih di antara mereka untuk berperan sebagai lurah, sekretaris, dan perangkat desa lainnya sebagai salah satu bentuk terapan latihan kepemimpinan.

Untuk menambah wawasan, Kemenpora juga menjalin kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri membuat program "Duta Belia". "Mereka akan dikirim ke Malaysia dan Singapura pada 23-25 Agustus mendatang," kata Asisten Deputi Pendidikan dan Kepemimpinan Kepemudaan Kemenpora tersebut Mengingat tugas dan harapan yang dibebankan kepada anggota Paskibraka, kata Erlangga, maka seleksi calon dilakukan dengan ketat, meliputi antara prestasi akademik, kemampuan berbahasa Inggris. penguasaan seni dan budaya, dan kemampuan fisik, (har)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes